Selamat Datang di Blog Diary Saya...

Anda dapat menelusuri Tulisan Lengkap saya tentang Proses Utuh Perjalanan Spiritual di:
http://katharsis-completejourney.blogspot.com/
Tulisan saya yang lain :
http://taskm.blogspot.com

11 November 2008

Penyakit Yang Menyembuhkan

Ada sedikit hal tentang eksistensi terdalam, ia tidak pernah mengingat sesuatu. Ingatannya tidak seperti manusia intelek pada umumnya. Ingatannya.., aku masih dalam transisi ke naluri. Sedikit jalan tersesat, tapi akhirnya kutemukan jalan tembus dan mengantarku kepada sebuah pondok yang tenang. Sebuah pondok penjual minuman yang sepertinya terbuat dari rangka–rangka pohon yang ada di taman sampingnya. Seorang ibu menyambutku ramah. Tapi di dalam keramahan itu, aku mendapati sebuah arus pembebasan, sebuah penyakit yang menyembuhkan. Di dalam dirinya keramahan dan penyakit berpadu jadi satu, yang memperpanjang umur dari tubuh pada bumi.
Sejak awal aku sudah merasakan, senyuman yang menyerupai matahari itu pernah mengalami masa krisis. Ternyata beberapa saat aku bertamu di sana, ia menceritakan bahwa ia pernah hidup di dalam kematian selama satu hari. Waktu yang cukup singkat untuk merubah total seseorang setelah menemui surga kematian.
Pembicaraan menelusuri penyakit kecemasan yang bercabang menjadi berbagai macam corak dari borok yang menempel pada tubuh dan pikiran. Tapi, harus kukatakan, bahwa akar dari segala penyakit berasal dari kekosongan dalam pikiran dan tubuh. Ia tumbuh dari sumur yang paling dalam, di kedalaman yang tanpa dimensi. Bahkan untuk kota dalam pikiran pun ia dirasakan kasat mata… mata dari perasaan dan insting!
Penyakit sang ibu ini: sebuah penyumbatan yang terjadi pada materi yang paling ringan bukan pada jenis zat… kenapa? Karena yang paling ringan itulah yang selalu bersahabat baik dengan keringanan yang dimampatkan dalam setiap gelombang kecemasan.
Kecemasan sendiri adalah kedalaman yang melanggar waktu dari sang matahari. Tekanan dan hentakan yang memiliki dimensi paling lembut dan ringan datang mendadak demikian juga karakter dari penyakitnya, dimana di dalam dunia manusia disebut stroke/tekanan darah tinggi.
Demikian sedikit pandangan dariku… beberapa kata dariku, tentang segala penyakit. Sesungguhnya rumusan di atas adalah resep untuk segala jenis penyakit di dunia ini sepanjang sejarah berjalan…

katharsis-holydiary (27122003)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Apakah artinya bahwa segala macam penyakit itu timbul dari kekosongan ditambah dengan kecemasan?
Apakah kekosongan yang dimaksud? Apakah yang banyak pikiran sekalipun termasuk kekosongan juga?

alvin hadiwono mengatakan...

Segala sesuatunya lahir dari kekosongan, baik yang menyenangkan kita (ketika kita sehat) ataupun yang membuat kita sedih (ketika kita sakit). Sehat dan sakit, keduanya adalah berisi, maka keduanya berlangsung hanya sementara waktu dalam kehidupan kita. Jika Kesadaran kita hidup di dalam sehat dan sakit tadi kita akan mengalami SAKIT (DERITA) yang sesungguhnya. Tapi jika Kesadaran kita hidup melampaui dan menyadari sehat dan sakit tadi, maka kita akan mengalami SEHAT (BAHAGIA) yang sesungguhnya.

Tentu, banyak pikiran, apakah itu menyenangkan kita atau tidak menyenangkan kita, keduanya adalah memiliki isi yang harus kita sadari kesementaraan dan asal-usulnya. Untuk memiliki Kesadaran tinggi, apa yang disebut alam bawah sadar harus kita sadari sepenuhnya...
Demikian dari saya...