Selamat Datang di Blog Diary Saya...

Anda dapat menelusuri Tulisan Lengkap saya tentang Proses Utuh Perjalanan Spiritual di:
http://katharsis-completejourney.blogspot.com/
Tulisan saya yang lain :
http://taskm.blogspot.com

16 September 2009

Kemuliaan Yang Terbalik

Kemiskinan yang membengkak selalu mengundang cawan belas kasihan kepenuhan… Menumpahkan air belas kasihan ke dalam cawan kemiskinan bukanlah pekerjaan yang mudah bagi mereka yang berlebihan materi dan berjiwa dermawan. Selalu kulihat, rasa belas kasihan mereka mengundang petaka… petaka kelumpuhan bagi kedua bela pihak, yang memberi dan yang menerima.

Yang memberi merasa tinggi dan berniat mengajak sebuah kerendahan untuk menjadi tinggi… ketinggian yang berhati mulia, orang–orang menyebutnya! Tapi, bagiku itu semua adalah kemuliaan yang terkutuk… Kemuliaan yang terbalik… Sudah sedemikian tercemar kata “kemuliaan“ itu bagiku… Sedang yang menerima merasa rendah sehingga bercita–cita menjadi tinggi. Kawanan korban yang bernafsu… Apakah begitu menyedihkan engkau memandang kerendahan dari kemiskinan? Inilah pertanyaanku bagi mereka ini.

Tinggi dan rendah yang baru saja kubicarakan memiliki satu jenis ketentuan. Masih banyak jenis tinggi dan rendah lainnya di dunia ini. Dari semua jenis, bagiku hanyalah anak–anak tangga yang lapuk dan anak–anak tangga bayangan, yang kemudian menjadi pijakan sementara untuk-ku. Sesungguhnya sangatlah terpaksa aku menempelkan tapak kakiku di permukaan mereka. Terpaksa sekali aku belajar untuk menjadi pembohong besar… sebuah pangkat dari kemuliaan…


katharsis-holydiary[18012004(7)]

Tidak ada komentar: