Selamat Datang di Blog Diary Saya...

Anda dapat menelusuri Tulisan Lengkap saya tentang Proses Utuh Perjalanan Spiritual di:
http://katharsis-completejourney.blogspot.com/
Tulisan saya yang lain :
http://taskm.blogspot.com

13 Februari 2009

Tentang Kemenjadian

Jauh ke selatan adalah pinggiran pantai… jalan setapak kutelusuri.
Batu karang yang begitu banyak. Pagi hari ombak sedikit ganas, tapi menjelang siang mereka lebih tenang. Karang, ya, aku sedang menunggu apa yang ingin mereka ajarkan hari ini. Siapa yang mampu memecahkan kalian? Sedemikian kerasnya. Aku akan membuat kalian bergetar saja dengan perumpamaan–perumpamaanku…

Kalian memang keras dan selalu berdiri tegar membentuk gunung. Lalu, beberapa dari kalian berubah menjadi sesepuh intan permata. Begitu lama waktu yang kalian perlukan. Demikian denganku sekarang. Aku masih seperti kalian… seperti anak–anak karang! Tapi kukatakan: sebenarnya pikiran–pikiran kalian sudah sangat tua, dibanding orang tua manapun. Aku seperti kalian, yang masih belajar untuk menjadi intan. Intan adalah puncak ajaran kalian. Bukan hanya karena pancarannya yang indah ketika terkena cahaya matahari, tapi karena keras-nya ajaranmu yang tertutup… tertutup di bawah anak–anak karang.

Suatu saat nanti, aku akan menjadi intan… Tulisan–tulisanku itu, ia sedang belajar memanjat sekarang.

Dunia ini adalah dunia kemenjadian. Segala tubuh adalah penanda waktu, tapi jiwa dapat melampaui waktu. Dua–duanya bukanlah patokan. Yang harus kita cari adalah bagaimana cara kita menunda dan melampauinya. Waktu dan ruang eksistensi-lah jawabannya. Cara gerak ayam adalah transisi hewan darat ke udara, manusia ke burung dan di antara ketiganya masih banyak mahkluk lain. Mahkluk – mahkluk lain… itulah kemenjadian!

katharsis-holydiary[12012004(1)]

Tidak ada komentar: